5 Jenis – Jenis Sepeda Pada Umumnya

Di masa pandemi saat ini, kegiatan bersepeda sedang ramai – ramainya diminati oleh berbagai kalangan di Indonesia. Selain sehat untuk badan, kegiatan bersepeda ini juga bisa menjadi opsi untuk anda melakukan refreshing atas penatnya kegiatan aktifitas sehari – hari. Kegiatan bersepeda ini juga memiliki beberapa tempat khusus, mulai dari bersepeda di gunung, jalan raya, ataupun digunakan untuk freestyle di lapangan khusus.

Nah, untuk anda yang baru saja ingin membeli sepeda, anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis dan fungsi sepeda yang ingin anda beli agar sesuai dengan minat atau kebutuhan anda. Berikut jenis – jenis sepeda yang beredar dipasaran.

  • Sepeda Lipat

Jenis sepeda yang pertama adalah, sepeda lipat. Sepeda ini cukup popular belakangan ini karena modelnya yang cukup menarik serta sangat efisien untuk dibawa kemana mana. Sesuai dengan namanya sepeda lipat, sepeda ini bisa dilipat menjadi dua bagian sehingga mempermudah sepeda untuk dibawa kemana – mana menggunakan kendaraan. Sepeda lipat memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan jenis sepeda lainnya. Namun hal tersebut bergantung dengan merk sepeda dan kualitas sepeda. Semakin baik kualitasnya, tentu saja semakin mahal harga sepeda tersebut.

Kelemahan dari sepeda ini adalah sisi lipatan mudah patah jika anda membeli sepeda lipat dengan harga yang murah. Sehingga dapat disimpulkan dengan kelebihan sepeda yang bisa dilipat, terdapat kekurangan kerangka sepeda yang kurang kuat.

  • Sepeda Gunung

Selanjutnya adalah sepeda gunung. Bagi anda anak generasi 90an yang pernah bermain game Downhill Playstation 2, maka tidak asing dengan sepeda gunung. Sepeda gunung atau sering disebut dengan MTB (Mountain Bike) ini memiliki roda dengan tekstur yang tajam yang berfungsi untuk menaklukan medan jalur pada pegunungan. Selain untuk digunakan dipegunungan, anda juga bisa menggunakan sepeda ini di medan seperti offroad karena sepeda ini dibuat untuk dapat bertahan dijalanan yang tidak rata. Untuk rangka dari sepeda ini sangat kokoh mengingat fungsinya untuk berjalan di gunung.

  • Sepeda BMX

Jenis sepeda berikutnya adalah sepeda BMX. Sepeda ini memiliki ukuran mini yang berfungsi untuk memudahkan penggunanya melakukan atraksi freestyle dijalanan, bangku, tangga atau medan lainnya. Biasanya sepeda BMX menggunakan kaki kuda pada roda depan atau roda belakangnya untuk bisa melakukan freestyle yang menarik. Sepeda ini dapat dikatakan sebagai sepeda yang difavoritkan oleh para kaum milenial masa kini.

  • Sepeda Road Bike

Jenis sepeda berikutnya adalah sepeda Road Bike atau sering kita kenal dengan sepeda balap. Gear pada sepeda ini memiliki transmisi 1 – 6 percepatan baik dari gear depan atau gear belakang. Sepeda ini memang dirancang khusus untuk melakukan speeding. Sepeda ini relatif enteng namun sangat kokoh karena rangka sepeda ini menggunakan bahan dasar almunium berkualitas. Untuk harganya sendiri mulai dari jutaan sampai ratusan juta, bergantung dengan merk yang anda beli.

  • Sepeda Fixie

Jenis sepeda yang terakhir adalah sepeda fixie. Sepeda ini sebenarnya memiliki design yang hampir sama dengan sepeda Road Bike. Yang membedakan antara kedua jenis sepeda ini adalah mekanisme gear pada masing – masing sepeda. Nama dari sepeda fixie merupakan singkatan dari fixed wheel.

Pada umumnya sepeda biasa tidak bisa digowes kebelakang, namun sepeda ini bisa digowes kebelakang. Menarik bukan ? Biasanya sepeda ini tidak memiliki rem depan ataupun rem belakang. Jika anda sedang melaju menggunakan sepeda ini anda bisa berhenti dengan cara menggowes pedal sepeda kebelakang.

Itulah beberapa jenis sepeda yang beredar dipasaran. Bagaimana ? Apa anda sudah menemukan jenis sepeda yang sesuai dengan kebutuhan atau minat anda ? Sekian informasi yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa membantu serta menambah refrensi anda untuk bersepeda. Terima kasih dan ikuti terus informasi menarik lainnya seputar bersepeda di website ini, sampai jumpa.